PENGEMBANGAN NILAI-NILAI LUHUR BUDAYA BANGSA YANG BERDASARKAN PADA PANCASILA BAGI GENERASI MUDA

PENGEMBANGAN NILAI-NILAI LUHUR BUDAYA BANGSA YANG BERDASARKAN PADA PANCASILA BAGI GENERASI MUDA 

Oleh Tri Mahendra

BAB 1. PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Di zaman yang modern ini perkembangan ilmu pengetahuan sudah semakin maju. Perlu untuk disadari bahwa dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju juga perlu mempertimbangkan aspek budaya yang ada. Terutama dalam hal nilai-nilai positif yang ada dalam budaya masyarakat. Jangan sampai perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju malah menenggelamkan aspek nilai-nilai postif kebudayaan yang ada di dalam masyarakat.

Negara Indonesia merupakan negara yang memiliki wilayah yang luas. Sehingga tidak heran bila wilayah Indonesia yang tercakup mulai dari Sabang sampai Merauke menyimpan banyak kebudayaan yang multikultural. Aspek kebudayaan yang multikultural di Indonesia harus berada dalam satu nilai positif yang dapat dijalankan bersama. Hal tersebut perlu dilakukan agar persatuan dan kesatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat tetap terjaga. Pancasila merupakan ideologi yang menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur positif yang ada di dalam Pancasila perlu terus ditransformasikan kepada generasi muda bangsa Indonesia agar persatuan dan kesatuan di dalam corak masyarakat Indonesia yang multikultural dapat terus terjaga. Oleh karena itu, mengembangkan nilai-nilai positif bagi generasi muda sangatlah perlu untuk dilakukan mengingat di masa sekarang ini ideologi bangsa barat telah banyak merasuki generasi muda bangsa Indonesia.

Generasi muda merupakan generasi yang pada nantinya akan meneruskan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Menjaga dan mengemabngkan nilai-nilai positif bagi generasi muda sangatlah perlu dilakukan agar generasi muda tahu dan mengerti akan kebudayaanya. Bukan tidak mungkin kebudayaan bangsa sendiri akan punah bila generasi mudanya tidak tahu dan tidak mau melestarikan budaya bangsanya sendiri. Untuk itu, penanaman nilai-nilai moral budaya Indonesia sejak dini sangatlah perlu dilakukan untuk menyelamatkan kebudayaan asli bangsa demi kelanjutan Indonesia di masa yang akan datang. Budaya barat yang sekuler telah banyak merasuki generasi muda bangsa Indonesia. hal itu terjadi karena kurangnya pengawasan pemerintah dan masyarakat dalam menjaga generasi muda dari serangan ideologi budaya barat. Budaya barat yang sekuler bukanlah budaya yang menjadi harapan bangsa Indonesia. Karena budaya barat cenderung merusak dan mengubah mindset positif bangsa Indonesia kearah yang tidak sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia yang sesuai dengan nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila. Hal itu tentu perlu menjadi perhatian yang serius bagi bangsa Indonesia untuk mengembangkan nilai-nilai luhur budaya bangsa demi kelangsungan generasi penerus bangsa yang berazaskan Pancasila.

Dari permasalahan yang ada diatas, penulis tertarik untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai “Pengembangan Nilai-Nilai Luhur Budaya Bangsa Yang Berdasarkan Pada Pancasila Bagi Generasi Muda”.

 

1.2  Rumusan Masalah

Mengembangkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang berazaskan Pancasila merupakan hal yang perlu dilakukan. Permasalahan yang akan dikaji dalam makalah ini adalah:

  1. Bagaimana cara mengembangkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia bagi generasi muda?
  2. Usaha-usaha apa yang dapat dilakukan bangsa Indonesia agar generasi mudanya dapat mengamalkan nilai-nilai luhur positif yang ada di dalam Pancasila?

 

1.3  Tujuan dan Manfaat

1.3.1        Tujuan

Makalah ini bertujuan untuk memberi wawasan kepada mahasiswa mengenai pengembangan nila-nilai luhur budaya bangsa. Selain itu makalah ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai nilai-nilai kebudayaan bangsa yang perlu dilestarikan.

1.3.2        Manfaat

Manfaat dari makalah ini adalah dapat menambah wawasan dan mengetahuan mengenai nilai-nilai luhur bangsa yang perlu dilestarikan keberadaanya. Makalah ini juga bermanfaat dalam memberikan pengetahuan akan ideologi bangsa yang harus diamalkan bersama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA

 

2.1 Pengertian Kebudayaan

Dalam hal ini kebudayaan merupakan aspek yang  sangat penting sebagai identitas bangsa. Kebudayaan merupakan ciri yang menjadi cerminan dari kepribadian bangsa. Kebudayaan yang lahir juga dapat memberikan semangat nasionalisme bagi bangsa dan generasi muda bangsa. Dalam hal ini pengertian dari Kebudayaan nasional adalah kebudayaan yang diakui sebagai identitas nasional. Definisi kebudayaan nasional menurut TAP MPR No.II tahun 1998, yakni: Kebudayaan nasional yang berlandaskan Pancasila adalah perwujudan cipta, karya dan karsa bangsa Indonesia dan merupakan keseluruhan daya upaya manusia Indonesia untuk mengembangkan harkat dan martabat sebagai bangsa, serta diarahkan untuk memberikan wawasan dan makna pada pembangunan nasional dalam segenap bidang kehidupan bangsa[1]. Kebudayaaan merupakan wujud dari karakter bangsa yang menjadi identitas yang melekat pada bangsa itu yang berbeda dengan bangsa lain.

Kebudayaan bangsa merupakan kebudayaan yang timbul sebagai buah usaha budi manusia. Usaha kebudayaan harus menuju kearah kemajuan adab, budaya dan persatuan dengan tidak menolak bahan-bahan baru dari kebudayaan asing yang dapat memperkembangkan atau memperkaya kebudayaan bangsa sendiri serta mempertinggi derajad kemanusiaan bangsa. Untuk menuju kearah kemajuan itu tentu memerlukan sebuah proses[2].

 

2.2 Membangun Generasi Muda yang Pancasilais

Melakukan pembangunan karakter bagi bangsa ialah sebuah gagasan yang besar yang pernah dilakukan oleh para pendahulu bangsa. Karena sebagai bangsa yang terdiri atas berbagai berbagai suku bangsa, ras dan agaman dengan nuansa kedaerahan yang kental, bangsa Indonesia sangat membutuhkan kesamaan pandangan tentang budaya dan karakter yang komprehensif sebagai bangsa. Hal tersebut menjadi sangatlah penting karena terkait mengenai berbagai persoalan kesamaan pemahaman dan pandangan untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran bagi seluruh bangsa Indonesia.

2.3 Generasi Muda Bangsa Indonesia

Generasi muda bangsa Indonesia merupakan generasi yang akan meneruskan perjuangan bangsa Indonesia dimasa yang akan datang. Melakuan pembangunan karakter generasi muda bangsa Indonesia yang Pancasilais ini bertujuan untuk menjaga dan mengembangkan karakter warga negara. Bila itu dilakukan maka dapat diharapkan untuk mampu mewujudkan masyarakat yang berideologikan Pancasila yang mana itu telah menjadi ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Menjadi manusia yang berKetuhanan Yang Maha Esa, berkemanusiaan yang adil dan beradab, berjiwa persatuan Indonesia, berjiwa kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, serta berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia merupakan insan yang menjadi dambaan bagi bangsa Indoensia[3]. Generasi muda harapan bangsa Indonesia adalah generasi yang mampu mengamalkan dan melestarikan ideologi bangsa sebagai pedoman hidup kelangsungan bangsa dan negara.

BAB 3. PEMBAHASAN

 

3.1 Nilai-Nilai Luhur Bangsa Indonesia

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang terdiri dari berbagai macam suku, agama dan adat istiadat. Oleh karena itulah bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang multikultural. Namun di dalam berbagai macam perbedaan yang ada tersebut, bangsa Indonesia tetap bisa bersatu dalam ikatan solidaritas kebangsaan Indonesia yang sangat kuat. Tentu menjadi pertanyaan mengapa bangsa Indonesia tetap bersatu di dalam perbedaan yang ada. Ternyata ada nilai yang dianut disana. Nilai-nilai luhur bangsa Indonesia yang telah diwariskan oleh para pejuang bangsa telah mampu mengintegrasikan bangsa Indonesia dalam ikatan kebersamaan.

Bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai yang berbeda dengan bangsa-bangsa lain. Bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang ramah terhadap bangsa lain. Bangsa Indonesia memiliki nilai-nilai moral yang sangat kuat. Misalnya saja orang yang lebih muda harus bisa menghormati orang yang lebih tua. Jika ingin memberi sesuatu kepad orang lain haruslah menggunakan tangan kanan. Kepada kedua orang tua harus bersikap hormat. Semua nilai-nilai luhur itu berlangsung terus-menerus dari generasi ke generasi yang merupakan warisan dari leluhur bangsa Indonesia. nilai-nilai itulah yang menjadi ciri bangsa Indonesia sehingga ini berbeda dengan bangsa lain. Misalnya saja bangsa barat yang cenderung sekuler. Antara tangan kanan dan tangan kiri tidak ada bedanya. Orang barat boleh menggunakan tangan kiri untuk memberikan sesuatu kepada orang lain. Hal ini tentu berbeda dengan bangsa Indonesia yang diajarkan untuk menggunakan tangan kanan.

Nilai-nilai luhur bangsa Indonesia telah tertuang dalam ideologi bangsa Indonesia, yaitu dalam pancasila. Pancasila merupakan dasar negara yang dijadikan bangsa Indonesia sebagai sumber falsafah dan pedoman hidup bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur itu perlu terus dilestarikan dan dipelihara. Terutama oleh generasi muda yang nantinya akan menjadi penerus bangsa di masa yang akan datang.

3.2 Usaha-Usaha Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Budaya Bangsa

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memelihara dan melestarikan nilai-nilai dari budaya bangsa. Hal yang perlu mendapatkan perhatian serius adalah  generasi muda bangsa. Karena generasi muda masih sangat labil dan mudah terkonstruk oleh nilai-nilai budaya yang bukan merupakan budaya bangsa Indonesia. Maraknya penggunaan internet oleh kalangan muda perlu mendapatkan perhatian yang serius bagi seluruh elemen bangsa ini. Pengawasan orang tua didik sangatlah berperan penting dalam menghadapi hal ini. Pembimbingan sejak dini bagi generasi muda juga sangatlah penting demi terciptanya bangsa yang besar yang mau menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsanya. Usaha-usaha yang perlu dilakukan untuk mengemabangkan nilai-nilai luhur bangsa bagi generasi muda antara lain:

  1. Mengembangkan nilai-nilai moral yang dilandasi nilai-nilai dalam agama. Hal ini perlu dilakukan agar  generasi muda dapat hidup berdasarkan nilai-nilai yang diajarkan di dalam agama.
  2. Mengembangkan sikap saling menghargai dan mnghormati antar sesama. Generasi perlu diajarkan untuk hidup saling menghormati dan menghargai antar sesama agar kerukunan hidup antar sesama dapat terwujud.
  3. Mengembangkan cara hidup tolong-menolong dalam kebersamaan. Hal ini perlu dilakukan karena bangsa Indonesia pada dasarnya bukanlah bangsa yang individualis. Jadi pola hidup tolong menolong itu sangatlah perlu dilakukan.
  4. Mengembangkan sikap peduli antar sesama masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  5. Menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam ikatan bangsa Indonesia. hal ini sangat perlu dilakukan agar integrasi bangsa dapat terjaga dengan baik.

3.3 Nilai-Nilai Positif Yang Ada di Dalam Pancasila

            Ada banyak nilai-nilai positif yang ada didalam pancasila. Diantaranya adalah nilai-nilai tentang ke-Tuhanan, nilai-nilai kemanusiaan, nilai-nilai persatuan, nilai-nilai permusyawaratan, dan yang terakhir adalah nilai-nilai keadilan. Semua nilai-nilai yang ada ini merupakan pandangan hidup bangsa Indoensia yang menjadi cerminan kepribadian bangsa Indonesia.

Dalam nilai-nilai ke-Tuhanan misalnya. Sebagai bangsa Indonesia sudah menjadi kewajiban tentunya untuk menjalankan kehidupan beragama. Perlu diingat bila bangsa Indonesia bukanlah bangsa yang menganut ideologi sekulerisme seperti bangsa barat yang boleh tidak beragama. Jadi nilai-nilai yang ada di dalam agam ini perlu dikembangkan dan dilestarikan agar kehidupan berbangsa dan bernegara di negara Indonesia dapat terus terjaga. Nilai-nilai kemanusiaan yang ada di dalam pancasila mengajarkan kepada bangsa Indoensia untuk hidup yang humanis. Bertindak adil dan tidak mementingkan diri sendiri. Di dalam Pancasila juga ada nilai-nilai persatuan yang mana ini memberikan pedoman bagi kita untuk menjalani hidup yang senantiasa bersatu. Ada juga nilai-nilai permusyawaratan yang mana nilai-nilai ini mengajarkan kepada bangsa Indonesia untuk hidup berdemokrasi yang tujuannya untuk kebaikan seluruh rakya Indonesia yang ada didalamnya. Dan nilai yang terakhir di dalam Pancasila adalah nilai keadilan, dimana dalam nilai ini bangsa Indonesia diajarkan untuk hidup adil antar sesama.

Dari sekian nilai yang terkandung di dalam Pancasila tentu perlu untuk dijalankan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari agar budaya luhur bangsa ini dapat terus terjaga. Jika saat ini nilai-nilai dari budaya barat yang bertentangan dengan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia banyak merasuki pikiran para generasi muda, maka sudah menjadi pekerjaan rumah bagi bangsa ini untuk terus memberikan pengarahan dan pendidikan moral yang baik kepada generasi muda yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila.

3.4 Transformasi Nilai-Nilai Positif Bagi Generasi Muda

            Disaat gencar-gencarnya nilai-nilai dari budaya barat yang mulai hinggap dan merasuki pikiran para generasi muda bangsa Indonesia. Maka menjadi sangat penting peran dari proses transformasi nilai-nilai positif bagi bangsa Indonesia. Hal itu penting karena jika generasi muda sudah tidak menghidupkan nilai-nilai positif yang berasal dari bangsanya sendiri. Tentu ini menjadi sebuah ancaman yang serius bagi kelangsungan bangsa ini. Bukan tidak mungkin bila bangsa ini bisa menjadi terpecah-pecah bila generasi mudanya tidak mengerti dan tidak mengamalkan nilai-nilai yang ada di dalam negaranya sendiri.

Tranformasi nilai-nilai positif bagi bagi generasi muda bangsa dapat dilakukan melalui pendidikan di sekolah-sekolah. Sekolah tidak hanya berfungsi sebagai pentransfer ilmu pengetahuan saja, akan tetapi transfer nilai-nilai moral dan etika yang merupakan cerminan dari kepribadian bangsa Indonesia juga sangatlah perlu untuk dilakukan. Jika transformasi nilai-nilai positif bagi generasi muda bangsa dapat tercapai dengan baik. Bukan tidak mungkin bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang besar dan bermartabat.

 

BAB 4. PENUTUP

 

4.1 Kesimpulan

Pengembangan nilai-nilai luhur bagi generasi muda bangsa Indonesia merupakan sebuah hal yang penting untuk dilakukan. Mengingat saat ini banyak dari nilai-nilai budaya barat yang tidak sesuai dengan kepribadian asli bangsa Indoensia telah banyak merasuki pemikiran para generasi muda penerus bangsa. Pengamalan nilai-nilai luhur bangsa yang terkandung di dalam Pancasila sangatlah perlu dilakukan. Karena Pancasila merupakan dasar negara yang dijadikan sebagi pedoman hidup bangsa Indonesia dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk membendung masuknya nilai-nilai budaya barat yang mulai merasuki pikiran para generasi muda. Salah satunya adalah dengan melakukan penanaman kembali nilai-nilai moral dan akhlak agama kepada generasi muda.

 

4.2 Saran

            Mengembangkan nilai-nilai luhur bangsa kepada generasi muda masa depan merupakan hal yang perlu dilakukan demi kelangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam suatu negara. Perlu diketahui bahwa banyak dari generasi muda saat ini telah terasuki pemikiran barat yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indoensia yang terkandung di dalam Pancasila. Untuk itu, kebersamaan dalam membangun bangsa yang berdasarkan atas nilai-nilai luhur bangsa sangatlah perlu dilakukan. Agar impian untuk mewujudkan negara yang sejahtera dapat tercapai.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Buku

Rahman, Bustami & Hary Yuswadi.2005. Sistem Sosial Budaya Indonesia. Jember: Kopyawisda Jatim

Internet

Pengertian budaya Indonesia

http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya_Indonesia  (diakses pada tanggal 26 Mei 2012)

Membangun karakter bangsa

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/05/membangun-karakter-bangsa-dengan-filsafat-pancasila/  (diakses pada tanggal 26 Mei 2012)


[1] Dikutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya_Indonesia yang diakses tanggal 26-5-2012

[2] Dikutip dari buku Sistem Sosial Budaya Indonesia  karangan Dr. Bustami Rahman, MA dan Dr. Hary Yuswadi, MA. Halaman 15

About these ads
Categories: Sosiologi, Sosiologi Budaya | Tinggalkan komentar

Post navigation

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: