PENGEKLAIMAN BUDAYA INDONESIA OLEH MALAYSIA MEMPERKUAT KEBERSAMAAN BANGSA INDONESIA

Bagaimana nasion berada di antara perbedaan.

PENGEKLAIMAN BUDAYA INDONESIA OLEH MALAYSIA MEMPERKUAT KEBERSAMAAN BANGSA INDONESIA

     Oleh Solik Wahyuni

Mahasiwa Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember

solik wahyuni

Berbicara mengenai kebudayaan dan keragaman budaya serta suku bangsa tak akan lepas dari Indonesia.  Indonesia adalah negara yang kaya akan keaneka ragaman budaya. Tingkat diversitasnya merupakan tertinggi di dunia. Keanekaragaman ini tercermin dalam bahasa yang digunakan begitu beragam,adat , seni, suku bangsa yang beragam pula. Kebudayaan di Indonesia terbentuk oleh kebiasaan- kebiasaan masyarakat yang telah berlangsung lama dan sudah menjadi bagian dari kepribadian bangsa Indonesia.

Seyogyanya negara yang begitu multikulturalisme cenderung sulit untuk lepas dari yang namanya konflik, namun ini tidak terjadi di Indonesia. Keragaman budaya dan suku bangasa dijadikan sebagai sumbser kekayaan untuk menonjolkan eksistensi bangsa di mata dunia internasional bahkan dapat menarik para wisatawan asing untuk melihat secara langsung kebudayaan mereka sebagai bangsa Indonesia sudah sepatutnya bangga karena budaya kita sudah banyak membawa ketertarikan masyarakat asing untuk datang ke Indonesia.

Kemunculan nasion terikat erat dengan sejarah masa lampau. Perbedaan- perbedaan yang ada di Indonesia dapat berjalan selaras karena mereka disatukan oleh kesatuan yang sama sebagai mana tertuang dalam sembutan binneka tunggal ika dan tertuang dalam sumpah pemuda 1928. Hal itu terlihat sekali Indonesia berdiri kokoh diatas perbedaan suku,adat, budaya bahkan bahasa daerah yang berbeda-beda pula.keterikatan nasion dengan dengan sejarah masa lampau indonesia sangat jelas yakni, diikat olehkesamaan sebagai negara yang terjajah dan sebagai saksi mata sejarah yang menyksikan bagaimana seluruh rakyat indonesia berjuang mengenyampingkan sifat kedaerahan masing-masing serta mengedeankan rasa nasionalisme sebagai kekuatan utama hingga tercetusnya sumpah pemuda sampai indonesia mereka.

Sekarang ini indonesia sudah menjadi negara yang merdeka dan sudah  lepas dari segala belenggu penjajahan. Lalu apa yang perlu diperjuangakan oleh bangsa indonesia? itulah pertanyaan besar yang harus dijawab oleh setiap masyarakat. Seiring dengan perkembangan jaman dan semakin majunya sarana teknologi dan informasi mebuat bangsa indonesia berkembang mangikuti arus global dari setiap era yang notabenya arus itu di kendalikan oleh seorang kapitalis besar yang mngambil keuntungan dari semua ini.hal ini terlihat sekali bagaimana pola pikir masyarakat indonesia sedah mulai berubah dengan pola pikir yang modern bahkan sudah meninggalkan epribadian bangsa indonesia yang tergantikan dengan westernisasi.

Keanekaragaman budaya yang dimiliki bangsa ini seolah olah hanya sebuah omong kosong belaka dan sangat terlihat jelas ketimpangan  yang terjadi bagaimana perkembangan budaya asli indonesia begitu sangat profan. Dan maraknya budaya-budaya asing sudah menjadi gaya hdup yang mempengaruhi selera masyarakat bahakan yang lebih parah adalah mereka yang masih setia melestarikan budaya asli indonesia dianggap sebagai orang yang todak modern dan ketinggalan jaman. Dahulu  dapat menampilkan budaya daerah dalam setiap even menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap warga masyarakat, manun hal tersebut sudah tidak berlaku lagi pada saat ini. Masyarakat lebih menyukai musik ala korea, band amerika dll. Selain musik jua seni tari sanggar pelatihan tari sekarang sudah jarang terlihat sebaliknya studi untuk latian dance jusrtu ada dimana-dimana. Hal ini sudah membuktikan indonesia sudah terjajah kembali secara moral sehingga seolah-olah bangsa indonesia seperti bangsa   yang sudah kirsis identitas, moral bangsa indonesia sudah benar benar di rusak shingga rasa kebersamaan sudah tidak adalagi nasion sebagai omong kosong bahkan lelucon saja. Terlihat sekali maraknya konflik di indonesia, pergaulan bebas serta tradisi- tradisi lai yang telah di adobsi dari budaya asing ,lalu dimana budaya asli indonesia yang slama ini di akui sebagai bagian dari harta yang dimiliki bangasa indonesia.

Kasus yang sekarang ini menjadi bahan perbncangan hangat yaitu malaisya mengeklaim budaya ndonesia sebagai budaya nya. Dan tidak sedikit budaya asli indonesia yang di klaim oleh malaisya. ka Jenis budaya yang diklaim pun beragam, mulai dari alat musik, lagu, tarian, senjata tradisional, prasasti dan naskah kuno. Bahkan hingga tata cara pengobatan dan makanan dan khas minuman khas Indonesia.

Malaysia menempati urutan teratas dalam sengketa soal klaim budaya tersebut. Setidaknya yang saat ini dipersengketakan adalah alat musik Gamelan, angklung, badik tumbuk lada, naskah kuno dari Riau, naskah kuno dari Sulawesi Selatan, kuda lumping dari Jawa Timur. Bahkan, tari piring dari Sumatera Barat pun dimasukkan dalam heritage mereka oleh Malaysia.Bahkan, untuk naskah kuno Riau, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara, pemerintah Malaysia tak hanya mengklaim tapi juga melakukan eksploitasi komersil.  Mereka membuat versi online dari naskah tersebut dan mengenakan bayaran bagi siapa yang ingin mengaksesnya. Bukan hanya itu, Tari Kuda umping dari Jawa Timur dan Reog Ponorogo, juga diklaim sebagai bagian budayanya oleh Malaysia dan dimasukkan dalam bagian heritage mereka. Untuk  Reog Ponorogo, Malaysia membuat versi sendiri dengan nama Barongan, namun akhirnya mereka mengakui itu berasal dari Ponorogo. Sempat heboh pula, soal Tari Pendet dari Bali, karena dijadikan iklan pariwisata oleh Malaysia.

Selain itu,ornmen khas bangsa ndonesia yang sudah terkenal  motif batik pun jadi persoalan. Malaysia mengklaim dan motif batik parang dari Yogyakarta. Sebelumnya, kerajian perak dari Bali juga mengalami nasib serupa. Pada 2005[1], Desak Suwarti dari Desa Celuk, Gianyar harus berurusan dengan WTO, karena dianggap melanggar hak kekayaan intelektual, karena desain kerajinannya ternyata telah dipatenkan oleh Malaysia.

Pada lagu dan musik pun, kejadian serupa terjadi. Beberapa kasus yang mencuat diantaranya, lagu Burung Kakak Tua dari Maluku, lagu Anak Kambing Saya dari Nusa Tenggara. Lagu Jali-Jali yang diklaim Malaysia sebagai lagu asli Langkawi dan lagu Rasa Sayange, dari Maluku.

Indonesia kaya akan keanekaragaman budaya. Tingkat diversitasnya, bahkan yang tertinggi di dunia. Sayangnya, referensi tentang budaya nusantara masih minim. Proteksi atas elemen kebudayaan pun masih lemah. Tak heran, banyak budaya Indonesia  yang terancam punah, karena tidak ada dukungan dalam konservasi. Parahnya lagi, pihak lain  yang menyadari tingginya nilai budaya nusantara justru mengklaim budaya itu sebagai miliknya.

Dengan adanya kondisi yang seperti ini, tidak seharusnya Indonesia menyalahkan Malaysia. Seharusnya apa yang terjadi saat ini menjadi cambuk bagi Indonesia untuk lebih bercermin dan sadar akan apa yang seharusnya diperbaiki dari ini semua. Dengan begitu Indonesia akan lebih menghargai budayanya sendiri dan ada upaya untuk melestarikannya. Sebelum adanya klaim Malaysia atas budaya Indonesia ini, Indonesia tidak akan sadar bahwa budaya yang dimilikinya ini memiliki nilai yang sangat tinggi. Karena bila sebenarnya kita tahu, budaya kita ini sangat menarik dan menjadi incara-incaran bagi negara lain unutk memiliki, salah satunya adalah Malaysia. Ketika ada pengeklaiman ini banyak bermunculan gerakkan-gerakan untuk merebut kembali budaya-budaya Indonesia yang telah hilang. Termasuk salah satunya diadakannya ajang Miss Universe. Ajang ini ternyata telah menggugah kembali semangat nasion bangsa Indonesia. Apalagi ketika putri Indonesia tampil di layar kaca TV dunia. Tentunya ini akan memberika rasa kebanggaan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Karena telah memiliki perwakilan yang maju di dalam kancah internasional yang di lihat oleh negara-negara lain. Disana putri Indonesia itu memperkenalkan budaya-budaya asli Indonesia. Termasuk budaya-budaya yang telah diklaim oleh Malaysia.

Ketika perwakilan Indonesia telah maju dalam ajang miss universe. Ternyata banyak dari bangsa Indonesia yang tiba-tiba mendukung wakil Indonesia itu. inilah yang dinamakan dengan semangat nasion. Semangat nasion itu muncul ketika ada wakil Indonesia yang bertarung di dalam kancah internasional. Perlu kita ketahui bahwa ternyata semangat nasion itu bisa muncul ketika Indonesia mengahadpi momen-momen tertentu. Yang dalam konteks ini merupakan momen dari adanya miss universe. Adanya wakil Indonesia yang maju di dalam miss universe memberikan semangat nasion baru bagi bangsa Indonesia yang awalnya mungkin hanya diam. Bila antar daerah awalnya mengalami konflik, maka dengan hadirnya momen miss universe itu bisa membangkitkan kembali rasa nasion. Segala perbedaan yang ada kini melebur dalam ikatan kebersamaan untuk saling mendukung wakil Indonesia. apalagi setelah ada pemberitaan mengenai  pengeklaiman budaya indonesia oleh malaysia.

Bukan hanya itu, klaim asing tersebut dirasa mengancam integritas dan kedaulatan bangsa indonesia atas kebudayaan. Indonesia harus berdaulat atas kebudayaan. Kedaulatan Indonesia atas budaya terganggu dan seluruh masyarkat Indonesia mulai terusik sehingga memunculkan Gerakan sejuta data budaya yang mana masing- masing daerah mendata macam- macam budayayang ada di daerahnya dan dalam setiap momen dimanfaatkan untuk memperkenalkan budaya sendiri termasuk pemakaian batik dijadikan sebagai tren mode pada saat itu.

Adapun gerakan tersebut bertujuan untuk mengumpulkan referensi yang memadai mengenai kebudayaan Indonesia, yang berfungsi untuk proteksi, penelitian kebudayaan dan kesejahteraan sosial.

Sesungguhnya Indonesia masih cukup beruntung kerena dapat menciptakan kembali semangat perstuan yang tinggi dan nasion yang baru setelah ada pergolakan-pergolakan yang mengancam integrasi bangsa. Entah bertahan berapa lama nasion ini akan bertahan. Apakah hanya kerena saat ini sedang ada pengeklaiman budaya Indonesi oleh Malaysia sehingga sehingga semangat persatuan mereka terbentuk kembali, lalu apakah kedepan nantinya Masyarakat Indonesia akan terus mempertahan kan nasion untuk menciptakan kesejahteraan sosial dan mengenyampingkan kepentingan ego yang individual dan tak peduli.

Inilah bukti nyata nasion yang dapat mempersatukan solidaritas bersama di atas Negara Indonesia yang memiliki keanekaragam budaya dan suku bangsa mnamun semua itu di satukan oleh nasin atas nama Indonesia, hendaknya kita sebagai warga asli Indonesia turut menjaga dan melestarikan apa yang sekarang ini sudah di miliki indonesia lebih bagusbya lagi dapat mengembangkan. Sebaik- baiknya dudaya asing tak seindah budaya asli Indonesia.


[1] Berita ini di ambil dalam artikel politik indonesia tahun 2005

Categories: Sistem Sosial Budaya Indonesia | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: